Mendag 'Jualan Minyak' di Pekanbaru




PEKANBARU - Minyak goreng kemasan sederhana merek Minyakkita yang merupakan minyak bersubsidi dari pemerintah pada Rabu (11/2/2009) diluncurkan di Pekanbaru, Riau. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu yang meresmikan peluncuran tersebut ikut melakukan transaksi jual beli dengan masyarakat.

Peluncuran minyak goreng Minyakkita yang targetnya adalah untuk masyarakat kurang mampu ini pertama kali diluncurkan di Kecamatan Sukajadi. Minyak kemasan bermerek Minyakkita dijual dengan harga Rp6.000 per liternya.

"Minyakkita merupakan wujud kerja sama pemerintah dengan produsen minyak goreng nasional. Minyak kemasan ini diharapkan bisa menjaga stabilitas harga minyak goreng di pasar dalam negeri, meningkatkan higienis dan mendorong perkembangan industri kemasan dalam negeri untuk melayani masyarakat luas," kata Mendag, di Pekanbaru, Rabu (11/2/2009).

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah telah mengalokasikan Rp800 miliar untuk keperluan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) Minyakkita dan minyak curah. Mendag menjelaskan bahwa dana itu diberikan pada produsen yang telah berpartisipasi dalam dalam program Minyakkita.

Mendag juga menjelaskan sasaran dari Minyakkita adalah pada konsumen Rumah Tangga Sasaran (RTS) atau pada sasaran pada masyarakat yang berpendapatan rendah. Pemerintah juga akan merencanakan progam Minyakkita dengan harga yang lebih murah lagi. Harga Minyakkita bisa dijangkau dengan harga Rp3 ribu per liternya. Ini rencananya akan dijual ke pasar tradisional.

Minyakkita yang telah mendapat izin edar dari Balai POM dan mendapat sertifikat halal dari MUI ini ditargetkan akan menjangkau 18,2 juta masyakat kurang mampu di seluruh wilayah di Indonesia. "Minyakkita kita targetkan bisa menjangkau 18 juta lebih masyarakat yang berpenghasilan rendah. Sementara dampak fositif yang lebih jauh bahwa harga minyak goreng akan turut mengendalikan harga delapan pokok lainya" jelasnya.

Selain itu jika produk Minyakkita banyak diterima masyarakat,Pemerintah berencana tidak akan menjual migor kemasan merek Minyakkita seberat satu kilogram saja, melainkan akan mengemas lagi dengan kemasan setengah dan seperempat kilogram. Minyakkita juga di sponsori 24 perusahaan yang bergerak dalam perminyakan. Di antaranya Wilmar Internasional, Sinar Mas, Misim Mas, Panca Nabati, Salim Inovasi, Asian Agri, dan lainnya. (ade)


sumber : www.okezone.com


0 komentar:

Post a Comment